Tag

ArrangeButton

Untuk beginner yang biasa kerja dengan IDE, terkadang tidak tergambarkan bagaimana tampilan disusun secara run-time. Kode berikut ini adalah contoh bagaimana hal itu bisa dilakukan

namespace TestArrangeButton
{
public partial class Form1 : Form
{
public Form1()
{
InitializeComponent();
AturTombol();
}

private void AturTombol()
{
Panel testPanel = new Panel();
testPanel.Dock = DockStyle.Top;
testPanel.Height = 100;
this.Controls.Add(testPanel);

GroupBox testGroupBox = new GroupBox();
testGroupBox.Dock = DockStyle.Fill;
testPanel.Controls.Add(testGroupBox);

for (int i = 0; i < 4; i++) { Button button = BuatTombol("Button " + i); testGroupBox.Controls.Add(button); } } private Button BuatTombol(string text) { Button button = new Button(); button.Dock = DockStyle.Left; button.Text = text; button.Click +=new EventHandler(KlikTombol); return button; } private void KlikTombol(object sender, EventArgs e) { MessageBox.Show(((Button)sender).Text); } } } [/sourcecode] Saya menggunakan docking untuk mengatur posisi dari kontrol-kontrol yang saya gunakan. Ini berguna agar tidak repot jika nanti container diubah ukurannya.

  1. Saya buat panel dengan docking Top. Disini tinggi harus ditentukan.
  2. Saya buat groupbox dengan docking Fill yang kemudian saya masukkan kedalam panel. Karena Fill, maka ia akan mengisi seluruh panel. Sebetulnya kita tidak perlu menggunakan groupbox. Saya menggunakanya hanya untuk memanfaatkan bentuk kotaknya.
  3. Saya buat button dengan docking Left yang kemudian saya isikan kedalam groupbox. Karena Left, maka setiap tombol yang saya masukkan, ia akan selalu bergeser kekiri. Button ini saya ulang 4 kali.
