Tag

FormLayout

Bertahun-tahun saya membayangkan Microsoft punya komponent layout seperti tabel. Sehingga saya tidak capek mengatur posisi-posisi kontrol, entah label, texbox, combobox dll. Cukup saya drag dan drop di didalam sel, begitu seterusnya. Dengan mengatur docking dan anchor dari control2 itu, maka saya tidak perlu khawatir mengenai posisi. Selain itu saya bisa generate kontrol-kontrol pada saat runtime, dengan tidak perlu memikirkan posisi.

TableLayoutPanel flowlayoutpanelDan ternyata, komponent seperti itu sudah lama ada!!!! Saya aja yang katrok. Tadi malam secara tidak sengaja, aku menemukannya. Duh, marah sekali nih saya…setelah sekian tahun! [cuma 2 tahun sih hehehe]

Saya pernah melihat hal serupa di mono dengan glade-nya dan begitu juga dengan di WPF. Ah, rupanya saya yang ketinggalan.

