Saya newbie dalam dua alat ini. Namun, saya akan tetap mencoba mencatat bagaimana menggabungkan library Zend kedalam WAMPServer. Saya tidak akan menjelaskan apa itu WAMPServer maupun Zend, silahkan anda menggoogling di internet.

Setelah berhasil mendownload keduanya dari internet, saya menginstall WampServer. Mudah saja, tinggal pencet next dan next sampai finish. Selesai menginstall, saya coba ketikkan “localhost” dibrowser, muncul dashboard dari wampserver. Ok, saya berasumsi jalan.

Di-icontry saya muncul icon setengah lingkaran kayak spedometer. Oh…rupanya itu milik wamp. Saya dekati pakai mosue, dia bilang server offline. Loh kok tetep bisa (tadi itu loh local hostnya kok bisa tampil)…aneh memang. Aih peduli amat….

Selanjutnya Zend saya extract. Saya kopi salah satu demonya (Search) ke dalam folder www. (dari ZendFramework-1.9.2\demos\Zend\Search –>kopi ke–>C:\wamp\www). Jadi ada folder:C:\wamp\www\search

Saya ketik dibrowser “http://localhost/search/create-index.php”. Browser bilang: Zend/Feed.php tidak ditemukan harap mengincludekan library PHP.

Dari wampserver trayicon–>PHP–>PHP.ini. Setelah file terbuka, cari keyword “include_path”. Temukan bagian ini:

; Windows: “\path1;\path2”
;include_path = “.;c:\php\includes”

ubah menjadi

; Windows: “\path1;\path2”
include_path = “.;c:\php\includes;C:\wamp\library”

Jadi “;” didepan itu “include_path” saya buang. Lalu saya tambahkan “C:\wamp\library”, ini adalah folder dimana zend library hasil ekstrak saya letakkan, anda boleh meletakkan dimana anda suka.

Restart Server: wampserver trayicon–>RestartAllServices

Pastikan koneksi internet anda ada, karena “create-index.php” mencari file diinternet. Reload kembali browser anda. Mestinya sudah OK. Kalau belum, tinggalkan pesan dibawah.

